First time to part time work in JOGJA - SHARING History

Illustration by : Freepik

Prolog

Pada suatu masa waktu yang telah berlalu tentunya kita memiliki tujuan akhir dari perjalanan yang sedang kita jalani saaat ini , keren kan. Tapi yang harus dijalani adalah masa sekarang dimana masa saat ini kita hidup dengan kebutuhan khusus yang harus dibeli dengan uang yang mau tak mau kita harus berusaha mendapatkannya dengan cara berkerja mau itu part time seperti yang aku jalani sambil kuliah ataupun fulltime.

Terlebih lagi kita terlahir dalam lingkungan keluarga yang menengah kebawah dan berusaha untuk bisa menempuh perguruan tinggi tetapi tidak sepenuhnya dibebankan kepada orang tua dengan salah satu cara kita kerja part time. Memang capek ketika kita didalam jenjang pendidikan kemudian sambil berkerja yang akan membagi fokus kita anatara kerja dan belajar belum lagi organisasi yang kita ikuti sebagai latihan diri kita dari awal untuk benar-benar memaksimalkan waktu sebaik mungkin, ini Hebatnya kalo bisa memaksimalkan waktu dan selama ini diriku masih blm dapat untuk memaksimalkan waktu itu.

Asal Mula

Waktu itu waktu dimana setelah UAS semester 2 naik ke semseter 3 yang selama 3 bulan aku harus menetap dijogja padahal bisa pulang dan puas dirumah sambil membantu orang tua. Tapi waktu itu yang Alhamdulillah ada waktu dimana aku dimasukan kedalam tim PHBD dan lolos untuk bina desa di KulonProgo selama 6 bulan akhirnya aku tinggal dijogja selama liburan itu.

Kemudian karena pada saat awal-awal itu belum ada aktifitas dan aku juga ngga ada kerjaan akhirnya aku mencoba mencari informasi tentang kerja paruh waktu disini untuk menambah uang jajan kebutuhan sehari-hari karena seharusnya libur aku dirumah tanpa perlu dikirimin uang tapi malah disini ga ngapa-ngapain tapi tetap dikirimin uang dan aku merasa malah membebani orang tuaku.

Aku mencoba beberapa kali memasukan CV dan lamaran kerja dibanyak tempat yang sedang membuka lowongan kerja. Saat itu juga aku beberapa kali ditolak lebih tepatnya tidak dikabarin untuk kelanjutannya mulai dari perkerjaan di rumah makan , percetakan , web developer dll.

Akhirnya aku bertemu dengan salah satu postingan di grup lowongan kerja jogja dari Facebook dan aku langsung menghubungi kontaknya dan kemudian disuruh ke kantor untuk menyerahkan persyaratan dan berkas-berkas pada esok harinya aku langsung berangkat kesana dengan menempuh perjalanan 30 menit untuk sampai di kantor. Singkat cerita aku langsung di terima dan besok mulai kerja.

Mulai Kerja

Yuppp sesuai cover artikel aku kerjanya dirumah makan ayam sebut saja Chikenpedia jadi disini semua menunya ayam goreng dengan banyak varian rasa dan rasa favoriteku adalah Ayam Teriyaki.

Kesan pertama kerja disini ya pasti canggung dimana bertemu teman-teman baru dan tentunya asing orang dari luar daerah semua dengan budaya dan tingkah laku yang berbda tentunya kita harus hati-hati dalam bersosialisasi untuk kesan pertama jangan sampai membuat teman-teman membenci kita pada kesan pertama dan yang pastinya kita ga akan pernah tau apa yang mereka pikirkan tentang diri kita.

Enaknya kerja disini kita tidak perlu formal dan bisa hanya menggunakan pakaian bebas seperti kaos yang penting tidak kotor. Pada awal kerja aku pake kemeja sedangkan yang lain menggunakan kaos jadinya lucu hehe.

Ilmu Yang diDapatkan

Pastilah dalam awal-awal berkerja salah satu harapan kita mendapatkan pengalaman yang dapat berguna untuk tahap selanjutnya atau berkerja di bidang yang lebih professional. Disini juga aku mendapatkan ilmu dan pengalaman yang menarik.

Aku list aja pengalamannya :

  • Kerja Pertama di Jogja
  • Bisa Masak sesuai Resep disana
  • Teman Baru
  • Membuat Minuman
  • Gaji Pastinya

Jadi pada saat aku kerja disana ternyata butuh orang yang bisa membantu dalam masak untuk pesanan pelanggan pada saat itu awal-awal aku disuruh untuk jadi barista sementara dan setelah satu minggu diajarin masak berbagai varian rasa yang ada sesuai menu makanan. Alhamdulillah ini merupakan pengalaman yang sangat menarik untukku jadi tau bagaimana rasanya memasak untuk banyak orang dan saat itu ketika menjelang magrib sangat ramai pelanggan sehingga aku sering kewalahan dan sering dibantu teman-teman lainnya yang pastinya seru.

BOSS nya juga cantik wkwk , aku kaget pada saat istri bos dateng aku kira siapa tiba-tiba masuk ke dalam dapur dan nanya-nanya keadaan disini. Istri boss sering di godain temen-temen yang lain wkwk.

Problem Selama Kerja

Perkerjaan apapun pastinya kita mendapatkan masalah baik itu dari diri sendiri ataupun orang lain. Masalah yang aku dapat sebenernya ga terlalu besar yang hanya masalah pribadi karena susahnya membagi waktu.

Masalah Pertama

Karena ini adalah pertama kali aku kerja dirumah makan aku sedikit kesulitan dalam mengerjakan beberapa jobdesk apalagi jobdesk masak beberapa kali masakanku gagal dan aku juga mematahkan alat untuk mengaduk nya dua kali malah.

Masalah Kedua

Capek yang sangat terasa . Pada saat itu aku kan sambil menjalankan bina desa di KulonProgo dan sering bolak balik dari sana ke kost terus ketempat kerja jadi saat kerja kadang tidak fit dan capet banget rasanya pengen ngeluh terus belum lagi nahan ngantuk saat kerja sampe-sampe pernah mau ketiduran saat masak.

Masalah Ketiga

Tidak bisa memaksimalkan waktu. Seperti yang aku bilang aku sangat susah memaksimalka waktu sehingga semua yang aku jalani tidak berjalan semestinya karena waktuku terbagi dan itu tidak maksimal. Sehingga aku tidak maksimal membantu di tim Bina Desa itu dan aku juga tidak maksimal saat berkerja.


Tapi dari semua masalah yang aku dapatkan darisitu lah aku mendapatkan Pengalaman yang menarik untuk menjadi evaluasi selanjutnya dan tentunya tidak pernah menyerah untuk mencoba berkerja parttime lagi di tempat lain ya namanya kerja ada cocok dan tidak cocoknya.


Peluang Kerja Part Time di Jogja

Sebelum itu aku pernah ada rencana melanjutkan sekolah dijepang dimana aku mendapatkan Informasi dari menonton Anime dan membaca di Internet bahwa dijepang banyak sekali peluang untuk kita bisa berkerja parttime sambil sekolah dan aku memiliki rencana untuk melanjutkan sekolah disana tapi lain dari rencana ternyata aku malah sekolah di jogja sekarang.

Aku ga nyangka ternyata di jogja banyak banget lowongan kerja paruh waktu untuk mahasiswa dan umum seperti yang ada dijepang mungkin karena disini banyak perguruan tinggi jadinya banyak juga peluang kerja paruh waktu.

Jadi peluang untuk kita yang dari luar jogja untuk berkerja paruh waktu dijogja sangat bisa sekali dan pasti kita bisa kerja asal ada kemauan untuk belajar berkerja dan mencari pengalaman sambil menghasilkan uang untuk jajan kebutuhan sehari-hari.

Informasinya pun mudah didapatkan, aku sendiri pribadi mengikuti sosial media di Facebook dan Instagram dan mencari kerja parttime melalui mesin pencarian mereka dan itu ternyata sangat banyak sekali tinggal pilih lo.

Gimana keren kan.

Penutup

Jadi skarang aku udah ga kerja disana dan cuma 2 bulan aja karena kemaren ada lomba IT dan pada saat lomba itu aku juga tidak bisa mengikutinya karena bertepatan Alm bu'de ku sampai akhirnya bu'de ku meninggal (Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah.) aku dirumah sakit jadi aku pada saat itu aku menginggalkan 2 tanggung jawab sekaligus.

Ini jadi pelajaran buat aku untuk benar-benar lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugas yang telah diberikan. Semoga kedepannya bisa menjadi lebih baik. Aamiin

Dan saat ini aku sedang menganggur setelah aku kerja paruh waktu 6 bulan di tempat lain karena menunggu pandemi ini selesai demi keamanan bersama. Semoga nanti aku mendapatkan perkerjaan yang lebih baik lagi dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Galery

1
Jangan lupa ngoding :).