Lanjut kuliah atau ambil cuti disaat kuliah online semasa pandemi covid-19

Prolog

Untuk semester depan atau semester 5 aku sedikit memikirkan tentang untuk menlanjutkan kuliah seperti biasa atau cuti dulu untuk sementara. Keadaan sekarang ini masih tidak memungkinkan untuk kuliah secara offline yang berarti untuk tahun ini kuliah masih dilaksanakan secara online sehingga membuatku tidak terlalu bersemangat untuk menjalankannya dan menurutku masih kurang efisien dari dosen menyampaikan materi sampai mahasiswa yang menerima materi karena tidak menggunakan metode yang sesuai dengan prosedur kelas online.

Banner Kuliah atau tidak

Problem

Tidak bisa menyalahkan pandemi juga sebenernya karena musibah tidak ada yang tau dan juga semua orang mengalami hal yang sama hanya saja cara menanggapinya berbeda-beda ada yang membutuhkan bantuan dan ada yang memberi bantuan untuk menangani masalah pandemi ini. Masalah yang sangat dirasakan saat ini ada dikalangan menengah kebawah untuk perekonomian yang dirasa sangat serius untuk di selesaikan. Bagaimana tidak bahkan para karyawan dan pekerja apapun hampir semuanya terkena PHK atau perusahaannya yang gulung tikar sampai bangkrut karena pandemi ini yang mana di awal-awal sampai beberapa bulan tidak dikunjungi pembeli sehingga pendapatan menurun drastis.

Untuk didalam kondisi keluargaku juga sama seperti yang lain yang berada dalam kalangan menengah kebawah sangat merasakan susahnya mendapatkan uang untuk keperluan sehari-hari belum lagi untuk biaya sekolah adik2ku dan kuliah aku disini juga bayar kost , bayar makanku disini semuanya mulai terasa sulit dan tidak ada yang bisa disalahkan dalam hal ini. Maka dari itu aku bingung untuk antara melanjutkan kuliah atau cuti sementara dikarenakan untuk pembayaran spp dikampusku masih seperti biasa tidak ada penurunan dan ada juga kompensasi itu juga tidak seberapa , untuk beli kouta saja masih kurang kalo dipake untuk kuliah online semuanya terasa kurang kalo dipikir-pikir tapi yang aku syukuri Alhamdulillah untuk saat ini masih diberi rezeki oleh Allah SWT untuk keluarga kami walaupun masa pandemi ini masih berjalan tapi rezeki juga masih dapat didapatkan walaupun tidak seperti hari biasanya , Harapannya semoga pandemi ini segera selesain.

Solution

Bukan solusi terbaik sebenernya antara pilihan cuti kuliah atau lanjut tapi hanya mengambil beberapa sks saja agar tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan tapi dengan resiko waktu yang ditempuh untuk kuliah akan terasa bertambah lama daripada target yang diinginkan banyak orang yaitu maksimal 4 Tahun untuk menyelesaikan tingkat Sarjana. Tapi sebenernya aku ngga terlalu mempermasalahkan hal tersebut hanya saja lebih cepat lebih baik untuk melanjutkan tahap berikutnya.

Beberapa pertimbangan aku mau cuti kuliah atau lanjut kuliah :

  1. Cuti Kuliah
    Cuti kuliah yang artinya berhenti sementara tapi kalo ngga lanjut-lanjut ya kena DO(Drop Out) / dikeluarkan dari kampus malah rugi parah haha. Jadi rencana untuk cuti ini hanya untuk semester ini aja karena kalo kuliah selain masih bayar dengan harga normal seperti biasa tapi kita ga bisa menikmati fasilitas yang ada dikampus dan materi yang disampaikan juga menurutku pribadi sangat tidak relefan untukku yang pemahamannya tidak terlalu baik untuk beberapa hal jadi harus ada interface yang nyata. Jikalau nanti ada perubahan sk tentang biaya spp kuliah mungkin aku pikirin lagi dan diskusiin lagi sama orang tua.

    Selama cuti kemungkinan besar aku mencari perkerjaan untuk mengisi waktu tersebut , walaupun kuliah online tapi masih ada beberapa lowongan kerja yang tersedia untuk dimasuki , tentunya dengan beberapa resiko dan harus dipikirin lagi untuk menjaga keselamatan diri sendiri.

  2. Lajut Kuliah (Mengambil beberapa sks)
    Ini merupakan solusi yang menurutku lebih baik dibanding cuti karena aku masih status mahasiswa untuk saat ini dan dengan mengambil sks yang lebih sedikit aku lebih santay menjalani kuliah online dan tidak juga terlalu ketinggalan seperti cuti sementara. Untuk lanjut kemungkinan hanya mengambli kelas teori sedangkan untuk praktikum tidak diambil.

    Selain itu aku juga bisa kerja parttime untuk mengisi waktu yang kosong saaat ngga ada kuliah online , jadi ngga terlalu membebani orang tua dalam hal pembiayaan.

Spririt

AYO semangat , apapun keadaannya kita harus tetap semangat , sebenernya belajar bukan cuma ada di dalam dunia pendidikan tapi bisa melalui apa saja untuk sekarang tidak ada yang tidak bisa kita pelajari asal ada kemauan untuk melakukan hal tersebut. Dalam liburan ini aku juga cukup banyak mempelajai beberapa hal yang tidak dipelajari saat kuliah dan itu merupakan suatu hikmah dari pandemi ini bahwa kita bisa melakukan apapun walaupun tidak dalam keadaan normal.

1
2
3
4
5
6
7
“Jika seorang meninggal dunia, 
maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara
(yaitu):
sedekah jariyah,
ilmu yang dimanfaatkan,
atau doa anak yang sholeh”.
(HR. Muslim No.1631)

Maka dari itu mari kita terus menuntut ilmu apapun keadaanya :).