Pandemi Corona 2020

Hai

Assalamualaikum Wr.wb

Selamat pagi , sekarang jam 2 lewat dikit dan aku bukan begadang ya . Aku tadi tidur cepet karena badan rasanya sudah pegel jadinya istirahat lebih cepet kemudian bangun juga cepet karena siang dah tidur banyak jadi rasanya cukup tidur sebentar, Yaa walaupun sekarang ini sudah fajar tapi ngga ngantuk dan kayanya besok pagi ngantuknya wkwk.

Latar Belakang

Sebenernya cuma sesi curhat aja sih ini mengenai tentang Pandemi yang ada sekarang yang menimpa bumi ini karena semua negara terkena dampak dari Virus Corona ini. Tapi ya kita ngga bisa menyalahkan siapapun walaupun asal mulanya virus ini pada awalnya terjadi di China , semuanya hanyalah kuasa Allah yang telah mengatur sedemikian rupa , bisa saja berawal dari Indonesia kalo memang Allah berkehendak yang berarti kita tidak mungkin menyalahkan Allah sang Maha Pencipta.

Terus apa yang harus kita lakukan ? Rassul mengajarkan kita untuk Ikhtiar dengan musibah apapun yang telah menimpa kita. Dengan memiliki rasa Ikhtiar seharusnya kita sebagai umat muslim tidak akan merasakan yang namanya panik atau melakukan hal2 yang seharusnya tidak dilakukan , dengan adanya Pandemi ini tentunya Allah tidak hanya memberikan sebuah musibah semena2 tetapi semua ini ada hikmahnya. Allah ingin mengingatkan kita bahwa pentingnya menjaga kebersihan , mengingat bumi yang sekarang sudah kotor karena perbuatan manusia itu sendiri yang tidak bisa menjaga bumi. Maka Allah SWT mengingatkan dengan cara seperti ini. Umat muslim seharusnya sudah mempelajari bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman yang dimana kita melaksanakan Sholat 5 Waktu dan sebelum sholat kita diwajibkan untuk bersuci diri dengan cara mandi atau dengan berwudhu jika tidak mengalamani najis besar yang diharuskan untuk melakukan mandi wajib yang tentu akan membersihkan diri dari virus dan kuman yang menempel untuk dapat melaksakan kewajiban sholat.

Illustrasi Sholat

Curhatnya Heheh

Jadi virus corona ini mulai masuk Indonesia kira-kira pada awal maret 2020 ini , pada saat awal-awal virus ini masih berada di negara china dan telah memakan banyak korban yang meninggal warga indonesia masih santay dan bahkan ada sebagian warga yang berfikir warga indonesia tidak segampang itu terkena virus , ya banyak faktor karena di indonesia sendiri orangnya pada ngeyel salah satunya dan alat pendeteksi juga blm tersedia di semua rumah sakit pada saat itu. Tapi pada akhirnya awal maret ini mulai ada beberapa warga yang terkena virus corona ini yang berasal dari warga indonesia yang pulang dari china karena merasa takut untuk berada dinegara sana dengan virus yang mematikan dan tanpa disadari mereka membawa virus itu ke negeri indonesia , tapi tidak semena-mena seperti itu , ini sudah takdir yang Allah tulis dan skenarionya yang jelas2 punya tujuan yang jelas.


Pada awal-awalnya virus ini masuk dikampus masih terlihat santay dan akupun santay masih melakukan kegiatan seperti biasanya , Kuliah , Kerja dan Organisasi masih dikerjakan karena pada saat itu virus ini blm sampe kesini.

Beberapa temenku rada parno tentang virus ini tapi wajar sih karena kita jauh dari orang tua dan kalo sakitpun disini ngga ada yang ngurusin dan akupun pernah berfikir seperti itu sejenak dan udah hilang karena Rassul juga mengajarkan "Apabila terjadi wabah di suatu daerah janganlah kamu memasukinya dan jika kamu sudah didalamnya janganlah kamu untuk keluar dari daerah itu [HR:BUKHARI]". Dengan adanya pegangan ini aku meyakinkan diri untuk tidak panik dan tidak memikirkan untuk keluar dari sini { JOGJA }. Akupun ngga bisa menyalahkan mereka yang sudah pulang walaupun mereka sudah tau resikonya kembali ke awal tadi kalo sakit ngga ada yang ngurusin wkwk . Tapi in syaa Allah dengan Ikhtiar yang baik Allah menjaga hambanya yang selalu memohon pertolongan kepadanya.A amiin.

Masalah yang terjadi



Sebagai umat muslim hal seperti ini bukanlah masalah melainkan Ujian hidup yang harusnya kita jalani dan membuktikan sebesar mana keimanan kita kepada Allah SWT dengan adanya wabah ini apa membuat iman kita menjadi semakin kuat atau malah menjadi down se downnya , ga ada yang tau juga hanya Allah yang tau. Tapi yang pasti ini bukanlah masalah , tapi kenapa judulnya masalah ? ya gimana ya mau nyebut bukan masalah juga tetep masalah wkwk , ini secara garis umum sih.

Yang pastinya sistem perekonomian sekarang di dunia ini sedang tidak baik , yang berarti semua orang merasakan dan yang paling meraskannya itu ya orang2 menengah kebawah yang tanpa kerja mereka ngga makan yang mau tidak mau mereka harus tetap berkerja untuk dapat bertahan hidup , akhirnya ya mati dan mati sih kalo mereka kerja diluar terkena virus dan tidak sembuh akhirnya mati dan tidak kerja kemudian mereka kelaparan berhari2 yang akhrirnya mati juga. Kemudian mahasiswa yang tiap hari diberi tugas banyak lama-lama ikutan mati karena tugas ,wkwk. Kalo yang ini sih cuma orang lebay aja sih yang bertanggapan kaya gitu . Kalo aku sih prinsipnya yang penting diri ini tenang kalo memang ngga bisa ngerjain tugas ya ngga dikerjain karena kalo berfikir keras disaat Pandemi yang membuat orang panik malah membuat kita ikut panik juga dan akhirnya nesa nesu aja haha. Jadinya main aman ya walaupun nanti akhirnya jadi ngulang ya ga masalah kan , mengulang untuk menjadi lebih baik itu lebih baik kan.

Sedikit Solusi

Solusinya kita saling membantu dan paham akan keadaan yang telah terkjadi sekarang dan kritis juga bahwa setiap masalah ada solusinya. Seperti semboyan dalam IZI Memudahkan di mudahkan . Jadi barang siapa yang memudahkan saudaranya niscaya dia akan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT.

Untuk para mahasiswa yang sama kaya aku , ga usah terlalu dipikirin tugas tuh. Santay aja yang penting kita sehat dulu , lagian kalo ngga ngerjain tugas ngga dosa kan , tapi ya tetap berusaha kalo emang sekiranya bisa dikerjain ya dikerjain jangan jadi orang males nanti keturunanmu pada males emang mau haha. Intinya mari kita Ikhtiar dan terus semangat dalam melakukan kebaikan.

Ending

Ya namanya juga curhat jadi suka-suka aku kan entah ada manfaatnya atau ngga tulisan ini , ini cuma sekedar mengisi waktu dikala waktuku nganggur dan ini juga jadi bahan aku untuk latihan nulis , siapa tau ada bakat dibidang ini dan bahkan bisa bermanfaat untuk orang lain ya Alhamdulillah.

Apapun yang terjadi marilah kita terus berusaha dan semangat untuk menggapai yang terbaik. mari kita awali semua kegiatan kita dengan membaca Bassmalah { Bissmillahirahmanirohin }.

Terimkasih yang sudah menyempatkan untuk membaca semoga ada manfaatnya. Byee.

Wassalamualaikum wr.wb