Tentang Inkscape

Halo

Assalamualaikum wr.wb ....... Selamat bahagia yang sedang membaca ini hehe , pada kesempatan kali ini izinkan saya memberikan sebuah informasi yang sudah banyak beredar di mana2 ,wkwk . Jadi disini saya akan memberi tahu untuk kalian yang sudah tau tapi lupa dan yang blm tau biar jadi tau, hehe .

Apa itu Inkscape ?


Jadi Inkscape adalah sebuah software multimedia dibidang desain grafis yang berformat Vector , Inkscape ini satu grup bersama Adobe Illustration dan Corel Draw karena sama-sama menggunakan Vector , ya pokoknya gitu deh hehe . Kemudian format default inkscape yaitu .svg . Oh iya , Inkscape ini juga salah satu bagian dari FOSS yaitu Free Open Source Software . Jadi siapapun bisa untuk menggunakan Source Code Inkscape ini untuk di modifikasi atau di kembangkan jadi lebih baik mau secara Komunitas atau Individu. Kalo kalian sudah masuk dalam Lingkungan FOSS ini bakalan seru banget bisa mendapatkan pelajaran-pelajaran bermanfaat termasuk tentang tidak menggunakan Aplikasi bajakan yang banyak beredar sekarang.

Apa bagusnya Inkscape ?

Bagus banget , menurutku sih. kenapa begitu ? yaaa karena dia gratis digunakan untuk siapapun karena yang mengembangkan aplikasi ini adalah Komunitas jadi untuk kalian yang pengen berkontribusi dalam mengembangkan aplikasi ini bisa banget dong. Untuk diriku yang belum mampu membeli Aplikasi CorelDraw atau Adobe Illustrator aplikasi Inkscape ini jadi alternatif terbaik dan sudah membuatku jatuh cinta untuk selalu menggunakannya dalam membuat desain dan hasilnya juga memuaskan untuk diriku sendiri ,hehe .

Bedanya sama AI dan Corel Draw apa ?



Karena aplikasi Inkscape dikembangkan oleh para Komunitas jadi perbedaannya dari segi Fitur yang mungkin tidak secanggih AI dan Corel , untuk menjual hasil karya di Marketplace sendiri ketika menggunkan Inkscape kita harus lebih kreatif dalam mengatur komposisi Filenya tapi kalo di AI dan Corel aplikasi mereka sudah sangat memenuhi syarat untuk dijual ke marketplace dengan lebih mudah tapi tentunya karena Aplikasi Corel dan AI itu berbayar pantaslah mendapatkan hasil yang lebih baik dalam hal ini. Tapi untuk pengguna Inkscape juga tidak kalah kok yang penting kita kreatif dan bisa menggunakannya dengan semaksimal mungkin jadi tergantung orang yang pakai nya . Tapi seiring waktu Inkscape terus berkembang dengan fitur-fitur keren terbarunya , dan kita juga kalo mengerti tentang pemogramannya pun bisa membuat ekstensi sendiri sesuai yang kita butuhkan , Keren kan.

Inkscape bisa di Sistem Operasi apa aja ya ?

Jadi aplikasi Inkscape ini berjalan disemua Sistem Operasi desktop pada umumnya yang banyak dipakai sekarang. Pada awalnya Inkscape dikembangkan untuk pengguna Linux kemudian seiring waktu Inkscape mulai mengembangkan untuk Windows dan MacOs jadi bisa dibilang semua OS desktop yang dipakai sekarang bisa menggunakan Inkscape.

Downloadnya dimana

Sedikit promosi nih hehe . Tapi gapapa karena Inkscape dah banyak bantu aku untuk cari duit juga jadi tak kasih tau nih downloadnya dimana dan ngga rahasia juga sebenernya. Jadi kalian bisa download di web resiminya.

Disini :

End

Baiklah cukup sekian kenalan kita dengan Inkscape jika tulisan ini ada manfaatnya Alhamdulillah dan jika tidak setidaknya saya bisa latihan menulis untuk diri sendiri ,hehe. sampai jumpa di Tulisanku selanjutnya . Wassalamualaikum Wr.Wb...